Cara mengatasi problem check disk pada laptop saat Start Up Windows

Posted by

Cara mengatasi problem check disk pada laptop saat Start Up Windows,Mungkin Komputer atau laptop anda mengalami masalah check disk seperti ini..?? setiap komputer atau laptop Dihidupkan selalu saja melakukan check disk atau CHKDSK pada start up, dan ini pasti membuat kita merasa jengkel karena waktu  yang dibutuhkan pada saat check disk terlalu lama, jadi menyita waktu kita. Dan pasti terpikir dalam benak kita, kenapa seperti ini ?? Masalah ini bisa terjadi pada windows xp maupun windows 7.

Banyak penyebabnya windows kita melakukan check disk saat start up, salah satunya adalah Karena komputer atau laptop kita mati mendadak,entah mati mendadak karena disengaja dimatikan dengan tombol power tanpa melalui shutdown,atau dikarenakan listrik padam dan komputer tanpa menggunakan UPS (entah karena windows mengalami error dan jalan pintas yang kalian ambil adalah mematikannya secara paksa) atau karena hal hal  yang tidak disengaja, misalnya kalian memainkan laptop langsung menggunakan charger dan tidak memakai battery , jadi saat ada terjadi pemadaman listrik laptop anda lagsung mati.Mati mendadak itulah yang menyebabkan hardisk mengalami sedikit masalah, sehingga membuat windows harus melakukan check disk saat start up. Atau bisa juga dikarenakan virus yang masih belum diketahui asal usulnya.
Nah untuk menangani masalah ini kita hanya perlu mematikan fungsi start up pada windowsnya,supaya tidak muncul lagi check disk pada start up.
Langsung aja nih cara  nya mengatasi CHKDSK, sangat mudah dan simpel.

Buka command promt (CMD) Caranya pada kotak search di start menu ketikkan cmd, setelah ketemu tekan ctrl+shit+enter (melakukan perintah menjalankan program secara administrator) atau bisa juga dengan cara ini Startmenu>all programs>accesories>Command Promt kemudian klik kanan pada command ppromt(CMD) dan pilih Run as administrator.atau juga bisa langsung pada keyboard anda tekan Windows+R nati penampakanya seperti gambar di bawah ini:



Tekan Enter dan akan muncul seperti di bawah ini


Setelah itu ketikkan CHKNTFS /X kemudian dilanjutkan dengan drive drive yang ada pada laptop atau komputer anda dan ditambahkan tanda titik dua (:), misalkan ada drive C, D, dan E maka ditulis seperti ini : CHKNTFS /X C: D: E: kemudian tekan enter.


Setelah muncul tulisan “The type of the file system is NTFS” berarti anda sudah berhasil, setelah itu restart laptop atau pc anda dan lihat hasilnya.

Jika dengan cara di atas anda belum berhasil manka anda bisa menggunakan cara yang kedua ini

Tekanlah tombol windows+R (tombol windows ditahan, kemudian tekan tombol R) pada keyboard Anda. Ini untuk memunculkan jendela "Run". Nah, setelah jendela runterbuka, ketikkar "regedit" tanpa tanda kutip, di kotak run tersebut. Selanjutnya klik OK.


Setelah itu Anda berada pada jendela Registry Editor.Pada jendela ini,cari HKEY_LOCAL_MACHINE=>SYSTEM=>CurrentControlSet=>Control=>SessionManager. Kemudian perhatikan di kotak paling sebelah kanan, cari file BootExecute. Jika sudah ditemukan, klik kanan pada file tersebut dan pilih modify



Pada tampilan jendela selanjutnya, copy kode "autocheckautocheck" tanpa tanda kutip ke kolom Value Data dan pilih partisi disk mana yang mau di disable



Setelah itu tutup jendela Registry tersebut, kemudian restart laptop atau komputer atau laptup anda Anda untuk melihat hasilnya.

Demikian tips Cara mengatasi problem check disk pada laptop saat Start Up Windows cukup mudah bukan silahkan dicoba terimalkasih semoga bermanfaat







Blog, Updated at: 10:17

0 komentar:

Post a Comment