Rangkaian Power Inverter 300 Watt untuk Mengubah 12 VDC menjadi 220 VAC

Posted by

Rangkaian Power Inverter adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengubah sumber tegangan DC menjadi AC.Sumber tegangan DC umumnya didapat dari Aki 12V dan outputnya adalah AC 220V, yang nantinya dapat dipakai untuk mensuplai peralatan listrik umum yang menggunakan tegangan jala-jala PLN. Rangkaian power inverter ini masih menggunakan metoda modified sinewave sehingga belum bisa dipakai untuk mensuplai peralatan dengan beban motor induksi, misalnya kulkas,AC dan pompa air, namun bisa digunakan untuk beban seperti lampu,TV, komputer,charger hp,laptop, setrika, majic jar, solder dll.


Prinsip Kerja Rangkaian
Rangkaian ini dibangun dari sebuah IC PWM controller SG3525 yang akan mengeluarkan pulsa PWM melalui pin Out_A dan Out_B. Pulsa ini akan menggerakkan rangkaian penguat push-pull transistor  Q1 dan Q2. Transformer akan menaikkan 12V AC menjadi 220V AC. IC PWM controller didukung oleh beberapa komponen pasif, R5 dan C1 berfungsi untuk membuat oscilator bekerja pada frekuensi 50Hz sama dengan frekuensi jala-jala PLN.


IC555 berfungsi sebagai pengaman rangkaian saat tegangan baterai mulai habis. IC ini berisi dua komparator dan set-reset flip-flop. Untuk set flip-flop, sebuah pembagi tegangan dan R8 dan R9 masuk ke pin 2, dan untuk reset flip-flop masuk melalui pin 6. Saat tegangan baterai rendah maka flip-flop akan mendapat sinyal set dan keluaran dari pin 3 akan membuat logika 1 pada pin SD, hal ini akan mematikan rangkaian.


Contoh Diagram pemasanganya
Modul Power Inverter ini dapat digunakan untuk mensuplai peralatan listrik 220V AC menggunakan aki 12 Volt dengan kapasitas sampai 100Ah. Peralatan yang bisa disuplai antara lain TV CRT/ LCD,komputer, heater, majic jar, setrika, dll. 




Blog, Updated at: 07:57

0 komentar:

Post a Comment