Skema rangkaian Power Suplay switching sederhana

Posted by

Skema rangkaian Power Suplay-Rangkaian power supply adalah bagian dari sistem atau perangkat elektronika yang berfungsi untuk memberikan sumber tegangan pada sistem elektronika.Dalam suatu perangkat elektronika,rangkaian power supply ada yang menjadi satu kesatuan dengan perangkat elektronik tersebut dan ada juga yang dibuat secara terpisah.
Adapun rangkain power suplay dapat di bedakan menjadi 2 type berdasarkan system kerjanya yaitu :

Rangkaian Power Supply Dengan Transformer Stepdown


Dari gambar rangkaian power supply diatas komponen T1 adalah transformator jenis step down tanpa CT.Penggunaan transformator jenis stepdown inilah yang menjadikan power supply tersebut dinamakan stepdown transformer power supply. Sebagaimana dapat dilihat pada gambar power supply diatas dapat kita ketahui bahwa power supply jenis stepdown transformer power supply terdiri dari beberap bagian sebagai berikut :

1.Penurun tegangan
Bagian ini berfungsi untuk menurunkan tegangan AC 220 volt menjadi 12 volt AC.Penurun tegangan pada rangkaian power supply diatas menggunakan transformator tanpa CT dengan tegangan output 12 volt.

2.Penyearah gelombang
Bagian penyearah gelombang pada rangakian power supply diatas menggunakan dioda bridge. Bagian ini berfungsi untukmenyerahkan tegangan AC dari output transformator menjadi tegangan DC/searah.

3.Filter pertama
Filter pertama berfungsi untuk meratakan tegangan DC hasil penyearahan gelombang yang diproses oleh bagian penyearah gelombang.Filter yang digunakan pada rangkaian power supply pada umumnya adalah kapasitor elektrolit (elco). Filter pertama pada rangkaian diatas adalah kapasitor C1 degan nilai 3300 uF.

4.Regulator Tegangan
Regulator tegangan adalah bagian yang berfungsi untukmengatur teganganoutput power supply. Pada rangkaian power supply sederhana diatas regulator tegangan yang digunakan adalah IC 7805, sehingga output dari rangkaian power supply diatas adalah +5 volt.

5.Filter kedua
Filter kedua pada rangkaian power supply diatas berfungsi untuk memantabkan kualitas DC dari proses perataan tegangan yang dilakukan oleh filter pertama. Oleh karena itu nilai kapasitas dari filter kedua ini lebih kecil dari pada filter pertama.

Rangkaian power supply diatas adalah rangkaian power supply sederhana dengan tegangan output +5 volt yang teregulasi menggunakan chip IC 7805.

Switching Power Supply
Switching power supply merupakan rangkaian power supply yaang memeiliki efisiensi daya yang tinggi. Rangakaian switching powes supply sederhana daat dilihat pada contoh berikut :


Rangkaian power supply switching diatas cukup sederhana untuk dibuat.Rangkaian power supply switching diatas secara prinsip bekerja dengan cara menyerahakan tegangan AC220 volt secara langsung menggunakan dioda bridge D1 dan diratakan menggunakan filter kapasitor C1.Kemudian tegangan DC tersebut digunakan unutk membentuk sistem regulator PWM dengan power regulator transistor Q1 yang digunakan untuk mengandalikan transformator. Output transformator berupa tegangan AC denga frekuensi yang tinggi sehingga proses penyearahan tegangan cukup menggunakan sistem penyearah setengah gelombang dan dengan filetr kapasitor dengan nilai kapasitansi yang kecil.

Kelebihan rangkaian power supply switching adalah dengan konstruksi fisik yang kecil dan ringan dapat direproduksi power supply dengan kapasitas arus yang besar dan stabilitas tegangan output yang lebih baik dari pada rangkaian power supply dengan transformator stepdown.




Blog, Updated at: 19:58

0 komentar:

Post a Comment